Definisi Pengantar Teknologi Sistem Cerdas
Pengantar
Teknologi Sistem Cerdas merupakan salah satu cabang Ilmu pengetahuan yang
berhubungan dengan pemanfaatan mesin untuk memecahkan suatu masalah yang rumit
dengan cara yang lebih manusiawi. Pengantar Teknologi Sistem Cerdas adalah
serangkaian system yang di bangun manusia untuk memudahkan pekerjaan manusia
dengan mengandalkan mesin atau sebuah program yang terkomputerisasi. atau biasa
disebut dengan kecerdasan buatan atau kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu
sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau kecerdasan entitas ilmiah.
Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan
dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan
seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan
kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika
fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.
Sejarah Teknologi Sistem Cerdas di Indonesia
Pada tahun 1940an, Teknologi Sistem Cerdas di temukan. Teknologi
sistem cerdas terus berkembang dan kemudian sampai ke Indonesia, pada
tahun 1960an komputer diperkenalkan di Indonesia, hal ini dipengaruhi oleh
perkembangan Sistem Cerdas yang ada di belahan dunia, dengan membuat beberapa
sistem cerdas yang dapat membantu pekerjaan sehari hari, misalnya komputer yang
sudah menggantikan penulisan dokumen pada mesin ketik, Telepon rumah yang
kemudian digantikan oleh smartphone pada era teknologi maju seperti sekarang
ini, dan masih banyak contoh lainnya. Di bawah ini adalah sejarah perkembangan
Sistem Cerdas / Kecerdasan Buatan di dunia :
No
|
Tahun
|
Deskripsi
|
1
|
1206
|
Robot humanoid pertama karya Al-Jazari
|
2
|
1796
|
Boneka penuang the dari jepang bernama
Karakuri
|
3
|
1941
|
Komputer elektronik pertama
|
4
|
1949
|
Komputer dengna program tersimpan
pertama
|
5
|
1956
|
Kelahiran dari Artificial Intelligence
pada Dartmouth conference
|
6
|
1958
|
Bahasa LISP dibuat
|
7
|
1963
|
Penelitian intensif departemen
pertahanan Amerika
|
8
|
1970
|
Sisem pakaer pertama diperkenalkan
secara luas
|
9
|
1972
|
Bahasa Prolog diciptakan
|
10
|
1986
|
Perangkat berbasis AI dijual luas
mencapai $425 juta
|
11
|
1994
|
AC berbasis Neuro fuzzy dijual
|
12
|
2010
|
Sistem kecerdasan buatan untuk Pesawat
komersial BOEING 900-ER ramai digunakan
|
13
|
2011
|
Service Robot untuk restoran berhasil
dibuat di Indonesia
|
14
|
2012
|
Sistem Pakar Troubleshooting Komputer
berbasis Fuzzy dan Self Learning
|
15
|
2012
|
Sistem immune pada Deteksi spam
diciptaka
|
Penerapan dalam kehidupan sehari-hari
Dalam modern seperti sekarang ini sudah banyak macam teknologi system cerdas yang bisa kita temukan di sekeliling kita, bahkan tanpa kita sadari kegiatan sehari-hari yang kita lakukan merupakan penerapan teknologi system cerdas, contohnya : Bermain Video Game, merupakan hobi yang tidak bisa terlepas dari kehidupan sehari-hari dan berfungsi untuk menghibur, game-game yang dibuat di tahun 2016 merupakan game-game yang mempunyai grafik visual yang sangat realistis yang kemudian di rilis untuk berbagai platform seperti PC, Sony Playstation, Microsoft Xbox, dan lain-lain, dalam bermain video game tersebut para user tidak hanya merasakan sensasi visual di depan layar TV atau monitor, di tahun 2016 ini sudah ditemukannya suatu perangkat yang membawa para user seakan-akan memasuki dunia virtual di dalam game tersebut, yaitu Virtual Reality, dengan perangkat ini user di ajak bagaimana merasakan sensasi visual di dalam dunia virtual secara nyata.
Sumber :
http://ahsug.blogspot.co.id/2016/10/pengantar-teknologi-sistem-cerdas.html
http://arifqiadipradana.blogspot.co.id/2016/10/pengantar-teknologi-sistem-cerdas.html
http://ahsug.blogspot.co.id/2016/10/pengantar-teknologi-sistem-cerdas.html
http://arifqiadipradana.blogspot.co.id/2016/10/pengantar-teknologi-sistem-cerdas.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar